Google+ Followers

Tuesday, December 25, 2012


Kiat Mengolah Peti Kemas jadi Furnitur

oleh: Dewi Kartini
Kiat Mengolah Peti Kemas jadi Furnitur
Ingin memiliki furnitur berbahan kayu peti kemas yang cantik? Ini dia caranya!
Ranjang serta meja belajar di kamar tidur ini dibuat dari material kayu jati Belanda. Material yang dikenal  sebagai kayu peti kemas ini memiliki warna terang dengan serat yang bagus. Harga kayunya pun lebih murah sehingga biaya pembuatannya dapat lebih hemat hingga 50% dibanding kayu jenis lainnya. Namun kayu yang berasal dari pohon pinus ini memiliki kelemahan: kurang kokoh dan mudah terkena rayap/serbuk putih. Pemakaiannya hanya disarankan untuk jangka waktu empat tahun, pas untuk mereka yang gemar berganti furnitur.
Perhatikan hal-hal khusus berikut ini sebelum Anda memutuskan untuk membuat furnitur dari kayu pinus.
  1. Serat kayu pinus yang indah, sangat menarik untuk ditonjolkan, sehingga tidak perlu diduko atau dilapis HPL (high pressure laminate ) atau jenis pelapis lainnya.  Finishing cukup dengan clear natural.
  2. Meski memiliki serat bagus, namun tak jarang permukaan kayu memiliki bintik hitam dan bolong-bolong. Pilihlah kayu yang mulus untuk mendapatkan tampilan furnitur yang bagus.
  3. Kayu pinus tidak terlalu kuat. Bentangannya tidak boleh terlalu lebar. Pastikan desainnya disesuaikan dengan kekuatan serta spesifikasi kayu. 
Foto: iDEA/Teddy Yunantha
Lokasi: Kediaman Arum K. Prasodjo, Bekasi

No comments:

Post a Comment